Mengenal Perbedaan antara HRD dengan Personalia
HRD dan Personalia, banyak orang yang menganggap kedua
bagian ini sama. Pada prakteknya kedua bagian ini memiliki fungsi yang berbeda
walaupun area pengelolaannya tak lepas dari ranah SDM.
Personalia
Personalia adalah serangkaian kegiatan mengelola
SDM pada hal-hal yang terkait administratif yang mengatur hubungan industrial
antara perusahaan dan karyawannya. Pengelolaan dari fungsi personalia ini
antara lain bertanggung jawab terhadap Employee Database, Payroll dan
pembayaran benefit lainnya. Termasuk di dalamnya pinjaman karyawan, absensi,
pencatatan cuti tahunan, filling dokumen dan rekruitmen.
HRD
Sedangkan HRD (Human Resource Departement)
memiliki ruang lingkup tanggungjawab yang lebih luas. HRD mengelola seluruh
sumber daya manusia di perusahaan menjadi SDM berkualitas yang mampu memenuhi
sasaran strategis perusahaan. Beberapa aspek yang menjadi tanggungjawab HRD
diantaranya Personel Management, meliputi proses fungsi perencanaan strategis
tenaga kerja (HR Planning), HR Budgeting, Assessment, Recruitment &
Selection, Hiring and Termination, Career Development, Organization
Development, Performance Management, Industrial Relationship, Pension,
Training, dan System Development dan General Affairs.
Kesimpulan
Personalia lingkup kerjanya pada area clerical
atau administrasi dan merupakan bagian yang mendukung terlaksananya fungsi HRD.
Tanpa adanya pelaksanaan personalia yang teratur maka fungsi HRD pun juga akan
sulit mewujudkan aspek-aspek yang lainnya karena seluruh aspeknya saling
berkaitan. Tugas Anda sebagai pemilik bisnis adalah, anda harus mampu
mengontrol kinerja seluruh fungsinya. Maka, selamat mewujudkan SDM berkualitas.
No comments:
Post a Comment